Harga tiket melambung, jumlah penumpang anjlok pada April

Begitupun secara tahunan jumlah penumpang rute internasional juga berkurang 1,54 persen dari 1,52 juta pada April tahun lalu

Harga tiket melambung, jumlah penumpang anjlok pada April

JAKARTA 

Polemik mahalnya tiket angkutan udara membuat jumlah penumpang pesawat terbang baik rute domestik ataupun internasional terus anjlok.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penumpang pesawat terbang rute domestik pada April tahun ini sebanyak 5,66 juta atau anjlok 6,26 persen secara bulanan dari jumlah penumpang pada Maret yang sebesar 6,03 juta.

Kepala BPS Suhariyanto menambahkan bila dilihat dengan jumlah penumpang pada April tahun lalu, maka penurunannya lebih dalam lagi yakni 28,48 persen dari jumlah penumpang sebesar 7,91 juta.

“Penyebab turunnya penumpang pesawat di satu sisi karena mahalnya harga tiket, dan di sisi lain transportasi darat sudah bagus,” ungkap dia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Penurunan jumlah penumpang pesawat juga terjadi pada rute penerbangan internasional. Secara bulanan, jumlah penumpang rute internasional turun 3,44 persen dari 1,55 juta pada Maret menjadi 1,49 juta pada April.

Begitupun secara tahunan jumlah penumpang rute internasional juga berkurang 1,54 persen dari 1,52 juta pada April tahun lalu.

Suhariyanto menambahkan penurunan jumlah penumpang pesawat rute domestik berimbas pada meningkatnya jumlah penumpang kereta api yang naik tipis 0,16 persen secara month to month dari 35,75 juta pada Maret menjadi 35,81 juta pada April.

“Secara tahunan jumlah penumpang kereta juga naik 0,15 persen dari 35,75 juta pada April tahun lalu,” imbuh Suhariyanto.

Peningkatan juga terjadi pada jumlah penumpang kapal laut secara bulanan sebesar 5,3 persen dari 1,71 juta pada Maret lalu menjadi 1,81 juta pada April.

Kemudian secara tahunan jumlah penumpang kapal laut juta meningkat 6,09 persen dari jumlah 1,70 juta pada April tahun lalu.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA