Ekonomi Turki tumbuh 0,9% pada kuartal ke-3

Angka pertumbuhan ekonomi akhir tahun Turki pada 2019 diperkirakan pada 0,5%

Ekonomi Turki tumbuh 0,9% pada kuartal ke-3

ANKARA 

Ekonomi Turki tumbuh sebesar 0,9 persen dari tahun-ke-tahun pada kuartal ketiga tahun ini, ungkap badan statistik Turki pada Senin.

Produk Domestik Bruto (PDB) dengan harga saat ini di Turki mencapai 1,15 triliun lira Turki (USD201,9 miliar) pada Juli-September tahun ini, kata Badan Statistik Turki (TurkStat).

Angka tersebut naik 11,5% dari sebelumnya satu triliun lira (USD189,8 miliar) pada kuartal yang sama tahun lalu.

Sementara perkiraan pertumbuhan yang dilakukan Anadolu Agency pada pekan lalu dari survei yang dilakukan dengan 13 pakar untuk kuartal ketiga adalah 1,1%.

Nilai tambah secara total meningkat 3,8% di sektor pertanian dan 1,6% di sektor industri, sementara di sektor konstruksi turun 7,8%.

Nilai tambah sektor jasa - perdagangan grosir dan eceran, transportasi dan penyimpanan akomodasi, dan kegiatan layanan makanan - naik 0,6% selama periode yang sama.

Data TurkStat juga menunjukkan bahwa produk domestik bruto yang disesuaikan secara musiman dan kalender naik 0,4% pada kuartal ketiga, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Angka pertumbuhan ekonomi akhir tahun Turki pada 2019 diperkirakan pada 0,5%, menurut program ekonomi baru negara itu yang diumumkan pada 30 September lalu.

Program ekonomi baru menargetkan tingkat pertumbuhan tahunan 5% pada tiga tahun ke depan.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA