China perdalam kerja sama keamanan dengan Afrika

Perdamaian di benua Afrika sangat penting untuk stabilitas di seluruh dunia, kata Menteri Luar Negeri China

China perdalam kerja sama keamanan dengan Afrika

ADDIS ABABA, Ethiopia

China berkeinginan untuk meningkatkan kerja samanya dengan Afrika di bidang pembangunan perdamaian dan keamanan, kata Menteri Luar Negeri China saat berkunjung di Ethiopia, Jumat.

Dialog untuk keamanan antara China dan Afrika akan dilakukan, Wang Yi mengatakan dalam pertemuan dengan Ketua Komisi Uni Afrika Moussa Faki di Addis Ababa, ibu kota Ethiopia.

"Perdamaian di benua Afrika sangat penting bagi stabilitas di seluruh dunia," kata Yi.

Dia mengungkapkan China akan memperdalam kerja samanya di bidang perdamaian dan keamanan dengan Uni Afrika.

Yi, yang memulai tur empat negara Afrika di Ethiopia pada Kamis, menyatakan bahwa hubungan antara China dan Afrika saat ini sedang berada pada puncaknya.

"China menyediakan USD100 juta untuk mendukung Pasukan Siaga Afrika dan USD30 juta untuk peralatan logistik militer," ujarnya.

Dia mengatakan China ingin memberikan 500 juta yuan (Rp1 triliun) untuk G-5 Sahel, pasukan militer multinasional negara-negara Afrika Barat yang dibentuk untuk memerangi terorisme di wilayah tersebut.

"China juga memberikan tambahan USD80 juta untuk gudang militer Douala di Kamerun dan USD1,2 juta untuk Misi Uni Afrika di Somalia," kata Yi.

China telah membangun pangkalan militer luar negeri pertamanya di Djibouti, negara kecil namun strategis yang juga menjadi tuan rumah pangkalan angkatan laut Prancis, AS, dan Jepang.

"Membangun sinergi dengan Afrika untuk program-program pembangunan bersama, pengembangan infrastruktur lintas wilayah di bawah inisiatif satu-jalur dan satu-jalan dan kerja sama di arena internasional seperti PBB akan menjadi area fokus lainnya antara Afrika dan China di tahun-tahun mendatang," tambah Yi.

Ketua Komisi Uni Afrika Moussa Faki mengatakan China adalah mitra terbesar Afrika dalam pembangunan jalan, pelabuhan dan fasilitas energi.

Dia menggambarkan dukungan China untuk Afrika dalam pembangunan kapasitas sebagai sesuatu yang patut diperhatikan.

"Dukungan China di bidang perdamaian dan keamanan sangat disambut baik untuk menghadapi berbagai masalah terorisme dan kejahatan lintas batas," tambah Faki.

Sementara itu, kedua pejabat meresmikan Pusat Layanan Terpadu - sebuah kompleks baru yang dibangun oleh China di lokasi kantor pusat Uni Afrika.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA