BI: Sektor industri pengolahan berada pada level ekspansi

Hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) - BI sebesar 52,65 persen

BI: Sektor industri pengolahan berada pada level ekspansi

JAKARTA 

Bank Indonesia menyebutkan kinerja sektor industri Pengolahan pada triwulan I-2019 berada pada level ekspansi.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) BI sebesar 52,65 persen dan hasil survei kegiatan dunia usaha (SKDU) triwulan I-2019 untuk kegiatan usaha sektor industri pengolahan yang terindikasi meningkat dengan saldo bersih tertimbang (SBT) sebesar 1,00 persen.

Menurut Onny, peningkatan kinerja industri pengolahan didorong oleh kenaikan volume pesanan sejalan dengan peningkatan permintaan domestik, termasuk persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

“Berdasarkan subsektor, ekspansi kinerja industri pengolahan terutama terjadi pada subsektor industri kertas dan barang cetakan serta industri makanan, minuman, dan tembakau,” ujar dia dalam keterangan resmi, Kamis.

Onny menambahkan pada triwulan II-2019, ekspansi kinerja sektor industri pengolahan diperkirakan terus berlanjut.

Hal ini terindikasi dari PMI-BI yang berada pada fase ekspansi dengan indeks yang meningkat menjadi sebesar 53,21 persen.

“Peningkatan ini terutama didorong oleh kenaikan volume produksi dan volume persediaan barang,” jelas Onny.

Dia menambahkan ekspansi tersebut juga tercermin pada SBT kegiatan usaha sektor industri pengolahan pada triwulan II-2019 yang meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA