Bank Wells Fargo bayar kompensasi USD6,5 juta ke suku Navajo

Pada 2017, Navajo Nation mengajukan gugatan ke bank itu karena "melakukan kampanye dan praktik ilegal"

Bank Wells Fargo bayar kompensasi USD6,5 juta ke suku Navajo

ANKARA

Bank Wells Fargo yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat, telah menyelesaikan sengketanya dengan Navajo Nation.

Mereka juga setuju membayar kompensasi USD6,5 juta setelah suku itu mengajukan gugatan ke bank itu karena "melakukan kampanye dan praktik ilegal" pada 2017.

"Tindakan Wells Fargo sangat merugikan orang-orang Navajo," cetus Presiden Bangsa Navajo Jonathan Nez, seperti dilansir oleh Navajo Times.

"Kami meminta Wells Fargo bertanggung jawab atas tindakan mereka dan kami juga akan meminta pertanggungjawaban perusahaan lain jika praktik bisnis mereka merugikan orang-orang Navajo," tambah Nez.

Navajo Nation merupakan satu dari 50 kawasan reservasi Indian yang ada di AS dan yang terbesar dengan wilayah seluas 65.000 kilometer persegi. 

Wilayah Navajo Nation yang berlokasi di utara Arizona ini juga mencakup daerah Utah dan New Mexico. Populasi Navajo Nation saat ini mencapai 350.000 jiwa. 

Suku Navajo menyatakan bahwa Wells Fargo telah menyalahgunakan kepercayaan mereka dengan "memangsa" orang-orangnya secara sistematis.

Dalam sebuah pernyataan, Wells Fargo - yang harus memberhentikan dua CEO-nya atas berbagai skandal - menyebutkan penyelesaian sengketa ini menunjukkan komitmen bank untuk memperbaiki kesalahannya. 

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA