Bank Indonesia perkirakan September terjadi deflasi

September ini diperkirakan terjadi deflasi sebesar 0,19 persen secara bulanan dan secara tahunan inflasi berada di level 3,48 persen

Bank Indonesia perkirakan September terjadi deflasi

Berdasarkan survei pemantauan harga hingga minggu ketiga September, Bank Indonesia memperkirakan akan terjadi deflasi sebesar 0,19 persen secara bulanan pada September ini. Secara tahunan inflasi diperkirakan berada di angka 3,48 persen.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penyebab deflasi pada September ini karena adanya penurunan harga sejumlah komoditas utama seperti cabai merah yang mengalami deflasi 0,21 persen.

Selain cabai merah, penyumbang deflasi lainnya adalah bawang merah dengan deflasi sebesar 0,07 persen dan deflasi daging ayam ras sebesar 0,05 persen.

“Seperti yang kami sampaikan inflasi dalam dua bulan terakhir disumbang oleh cabai merah karena faktor musiman dan pada bulan ini mulai ada penurunan harga cabai sehingga terjadi deflasi,” ujar Perry, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, deflasi pada September ini sekaligus mengkonfirmasi perkiraan inflasi Bank Indonesia yang sampai akhir tahun ini diyakini akan berada di bawah titik tengah sasaran 3,5 persen.

Sementara itu, pada tahun depan Bank Indonesia meyakini inflasi akan lebih rendah lagi dengan kisaran sasaran 3 persen plus minus 1 persen.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA