Aliran modal asing masuk hingga 3 Oktober capai Rp192,6 triliun

Aliran modal asing masuk tersebut terdiri dari Rp137,9 triliun di SBN, Rp52,4 triliun di saham, sisanya masuk ke obligasi korporasi dan SBI

Aliran modal asing masuk hingga 3 Oktober capai Rp192,6 triliun

Bank Indonesia mencatat, secara year to date hingga tanggal 3 Oktober 2019, aliran modal asing portofolio yang masuk ke Indonesia mencapai Rp192,6 triliun.

Aliran modal asing masuk tersebut terdiri dari Rp137,9 triliun masuk ke Surat Berharga Negara (SBN), sebesar Rp52,4 triliun masuk ke saham, sisanya masuk ke obligasi korporasi, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

“Sementara secara week to date hingga 3 Oktober, modal asing yang masuk ke SBN Rp3,14 triliun, namun terjadi outflow atau keluar di saham sebesar Rp0,84 triliun, jadi masih net inflow sebesar Rp2,34 triliun,” urai Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, di Jakarta, Jumat.

Perry menekankan bahwa aliran modal asing yang masuk ke SBN masih berlanjut karena imbal hasil serta prospek ekonomi yang menarik.

“Kalau saham tetap volatile keluar masuk karena banyak dipengaruhi faktor global seperti yang terjadi di AS dan negara lain,” kata Perry.

Perry mengatakan kondisi aliran modal asing tersebut menjadi salah satu faktor penjaga stabilitas nilai tukar rupiah yang terus terjaga, selain juga karena mekanisme pasar yang bekerja sangat baik serta kepercayaan terhadap ekonomi saat ini dan masa depan yang terjaga sehingga membuat rupiah stabil di level Rp14.070 - Rp14.080 per dolar AS.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA