YPG/PKK rebut satu desa lagi dari tangan Daesh di Suriah

Setelah mengalami kekalahan besar di provinsi itu, kini Daesh hanya dapat menempati desa Suse ve Bagoz di Deir-ez-Zor

YPG/PKK rebut satu desa lagi dari tangan Daesh di Suriah

DEIR-EZ-ZOR/ANKARA 

Organisasi teroris YPG/PKK mengambil alih desa Shiifah dari tangan Daesh atas bantuan serangan udara pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) selama sepekan di wilayah pedesaan di timur Deir-ez-Zor, Suriah, ungkap sumber-sumber lokal.

Setelah mengalami kekalahan besar di provinsi itu, kini Daesh hanya dapat menempati desa Suse ve Bagoz di Deir-ez-Zor.

Organisasi teroris YPG/PKK atas dukungan AS menduduki wilayah timur, barat, dan utara Deir-ez-Zor.

Sejak 11 September tahun lalu, Daesh dan YPG/PKK telah saling serang, terutama di Distrik Hajin yang berada di wilayah pedesaan Deir ez-Zor, yang terletak di timur provinsi tersebut.

Pada akhir Desember lalu, organisasi teroris Daesh menarik diri dari pusat kabupaten Hajin di provinsi Deir ez-Zor, sebelah timur Sungai Eufrat.

Kabupaten Hajin merupakan pusat benteng terakhir Daesh di Suriah.

Menurut sumber-sumber lokal di Deir ez-Zor, Daesh meninggalkan pusat distrik itu usai kalah dalam bentrokan dengan YPG/PKK.

Sementara pasukan rezim Bashar al-Assad menempati bagian barat Deir-ez-Zor.

YPG/PKK telah menduduki sekitar sepertiga wilayah Suriah.

Turki sejak lama menentang AS yang bersekutu dengan teroris YPG/PKK melawan Daesh, karena menggunakan satu kelompok teroris untuk melawan kelompok teror lainnya tidak masuk akal.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan Uni Eropa - telah bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk perempuan dan anak-anak. YPG adalah cabangnya di Suriah.

Turki akan segera meluncurkan operasi kontra-terorisme ketiga melawan teroris YPG/PKK di utara Suriah.

Suriah telah terkepung perang saudara mematikan sejak awal 2011, ketika rezim Bashar al-Assad menyerang demonstran dengan brutal.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA