Yaman dan Dewan Transisi Selatan teken kesepakatan di Riyadh

Wakil Perdana Menteri Yaman Salem al-Khanbashi hadir sebagai representatif pemerintah Yaman, sementara Nasser al-Khabaji mewakili STC

Yaman dan Dewan Transisi Selatan teken kesepakatan di Riyadh

RIYADH

Pemerintah Yaman dan dewan separatis menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri konflik beberapa kota di selatan, termasuk Aden.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh pemerintah Yaman dan Dewan Transisi Selatan (STC) yang didukung Uni Emirat Arab di Riyadh, Arab Saudi.

Wakil Perdana Menteri Yaman Salem al-Khanbashi hadir sebagai representatif pemerintah Yaman, sementara Nasser al-Khabaji mewakili STC.

Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed turut hadir di upacara penandatanganan itu.

Perjanjian itu menyatakan bahwa STC harus mencalonkan paling banyak 24 menteri dan memastikan keikutsertaannya dalam delegasi pemerintah untuk konsultasi solusi politik dengan kelompok pemberontak Houthi.

Kesepakatan itu juga mengharuskan semua pasukan yang bergerak menuju Aden, Abyan, dan Shabwah sejak awal Agustus akan kembali ke pangkalan mereka dan digantikan oleh pasukan keamanan lokal dalam waktu 15 hari.

Selain itu, pemberian hak kewarganegaraan penuh bagi semua orang Yaman dan menghentikan kampanye media juga sudah disepakati.

Selanjutnya, sebuah komisi harus dibentuk di bawah pengawasan koalisi untuk menindaklanjuti implementasi kesepakatan.



TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA