WHO: Setiap 40 detik, ada satu orang lakukan bunuh diri

Dalam laporannya, WHO mengungkapkan bahwa 800.000 orang melakukan bunuh diri di seluruh dunia setiap tahunnya

WHO: Setiap 40 detik, ada satu orang lakukan bunuh diri

ANKARA

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan dalam setiap 40 detik, satu orang meninggal dunia karena bunuh diri.

"Setiap kematian adalah tragedi bagi keluarga, teman, dan kolega," ujar Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang mengepalai WHO, seperti dikutip dalam laporan badan tersebut.

"Bunuh diri dapat dicegah. Kami menyerukan semua negara untuk mengimplementasikan strategi pencegahan bunuh diri ke dalam program kesehatan dan pendidikan nasional secara berkelanjutan," tambah dia.

Dalam laporannya, WHO menggarisbawahi bahwa 800.000 orang melakukan bunuh diri di seluruh dunia setiap tahunnya.

Laporan itu dirilis pada Senin, sehari sebelum Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia (WSPD), yang bertujuan meningkatkan kesadaran global bahwa bunuh diri dapat dicegah.

Menurut laporan itu, bunuh diri adalah penyebab utama kedua kematian di kalangan anak muda yang berusia antara 15-29 tahun, setelah kecelakaan di jalan.

"Metode bunuh diri yang paling sering ditemui adalah gantung diri, mengonsumsi racun, atau menggunakan senjata api," papar WHO.

Membatasi akses ke sarana bunuh diri, mengedukasi media tentang pemberitaan kasus bunuh diri, dan melaksanakan program untuk membantu anak muda membangun keterampilan diri adalah beberapa upaya yang dapat membantu mengurangi angka bunuh diri.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA