Venezuela cela dukungan Mike Pence untuk oposisi

Wapres Venezuela meminta Pence untuk "mengurus" negaranya sendiri, yang saat ini sedang menghadapi penutupan pemerintahan

Venezuela cela dukungan Mike Pence untuk oposisi

BOGOTA

Venezuela pada Selasa mengecam Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence karena mendukung oposisi negara itu.

Selama konferensi pers di Caracas, Wakil Presiden Delcy Rodriguez menuding Pence ikut campur dalam urusan Venezuela, dengan "menyerukan kudeta" secara terbuka.

Rodriguez mengeluarkan pernyataan itu sebagai tanggapan terhadap video yang diunggah Pence di mana dia mengkritik pemimpin Venezuela Nicolas Maduro, menyebutnya sebagai "diktator" tanpa klaim yang sah atas kekuasaan.

Dalam video itu, Pence menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris dan Spanyol, dan mengajak warga Venezuela untuk mendukung pemimpin oposisi negara itu, Juan Guaido.

"Atas nama rakyat Amerika, estamos con ustedes. Kami ada di tengah-tengah kalian, kami berdiri bersama kalian, dan kami akan mendampingi kalian hingga demokrasi terwujud dan kalian bisa mendapatkan kebebasan kembali," ujar dia.

Rodriguez pun meminta Pence untuk "mengurus" negaranya sendiri, yang saat ini sedang menghadapi penutupan pemerintahan.

Demonstrasi di Venezuela

Setelah oposisi menyerukan aksi protes nasional menentang kepemimpinan Maduro pada Rabu, Wakil Presiden United Socialist Party of Venezuela (PSUV) Diosdado Cabello, menyerukan unjuk rasa untuk mendukung pemerintahan Maduro.

Pada Senin, sekelompok tentara yang menyerukan pemberontakan terhadap pemerintah di Caracas, Cotiza, ditangkap.

Maduro menjabat sejak tahun 2013, menggantikan mendiang Hugo Chavez.

Setelah dilantik awal bulan ini, dia akan memerintah untuk masa jabatan enam tahun lagi, dari Januari 2019 hingga 2025.

AS telah mengkritik kepemimpinan Maduro dan menyatakan dukungannya ke Majelis Nasional Venezuela yang dipimpin oleh Juan Guaido.

Miguel Pizarro, wakil Majelis Nasional untuk Kota Petare, mengatakan selama aksi protes pada Rabu, jutaan warga Venezuela akan memberitahukan pada dunia bahwa perjuangan mereka tidak akan berakhir.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA