Utusan PBB, Menlu Saudi bahas soal Yaman

Kedua pihak membahas perkembangan terkini di Yaman dan upaya untuk menyelesaikan krisis di negara tersebut

Utusan PBB, Menlu Saudi bahas soal Yaman

RIYADH

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubair berjumpa dengan Utusan Khusus PBB untuk Yaman Griffiths guna membahas perkembangan terkait krisis Yaman.

Kantor berita resmi Arab Saudi, SPA, melaporkan Griffiths bertemu dengan al-Jubair di Jeddah dalam kunjungannya ke Arab Saudi.

Pertemuan tersebut berfokus pada perkembangan terkini di Yaman dan upaya untuk menyelesaikan krisis di negara tersebut.

Kedua pihak juga membahas penguatan upaya untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Yaman.

Dua negara yang sebelumnya ada di wilayah selatan dan utara Yaman bersatu pada tahun 1990.

Hubungan UEA dan Yaman memanas setelah pasukan separatis yang didukung UEA mengambil alih semua kamp militer pemerintah dan istana presiden di Kota Aden.

Agresi militer kelompok separatis dukungan UEA itu memicu seruan dari pemerintah Yaman untuk mengusir UEA dari koalisi pimpinan Arab Saudi dalam memerangi pemberontak Houthi sejak 2015.

Pasukan Separatis Selatan mengumumkan pembentukan dewan transisi politik pada Mei 2017 dengan dalih mengontrol perang dan krisis di negara tersebut.

Yaman jatuh dalam perang saudara pada 2014 ketika pemberontak Houthi yang didukung Iran menguasai sebagian besar wilayah negara itu, termasuk ibu kota, Sanaa.

Kekerasan itu telah menghancurkan infrastruktur dasar Yaman, sehingga PBB menggambarkan situasi di sana sebagai "salah satu bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern".

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA