Utusan AS akan berkunjung ke Afghanistan dan Qatar

Dialog perdamaian Afghanistan akan dilanjutkan antara Taliban dengan pemerintah Afghanistan

Utusan AS akan berkunjung ke Afghanistan dan Qatar

WASHINGTON

Utusan Presiden AS Donald Trump yang fokusnya mengakhiri perang di Afghanistan akan melakukan perjalanan ke negara yang dilanda perang dan Qatar.

Utusan AS itu akan melanjutkan dialog damai dengan pemerintah Afghanistan dan Taliban, sebagaimana diumumkan Departemen Luar Negeri AS pada Selasa.

Zalmay Khalilzad akan berangkat pada 20 Agustus untuk melanjutkan pembicaraan dengan Taliban di Doha "sebagai bagian dari upaya keseluruhan untuk memfasilitasi proses perdamaian yang mengakhiri konflik di Afghanistan," kata pengumuman tersebut.

Di Kabul, Khalizad akan berkonsultasi dengan para pejabat Afghanistan "tentang proses perdamaian dan mendorong persiapan penuh untuk negosiasi intra-Afghanistan".

Afghanistan telah terseok-seok dalam usaha perdamaian karena serentetan serangan mematikan baru-baru ini yang pelakunya dituduh anggota Daesh dan Taliban.

Setidaknya 12 warga sipil tewas di Afghanistan utara dalam pemboman pinggir jalan pada Minggu. Serangan tersebut diklaim dilakukan oleh Taliban.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah lebih dari 60 orang tewas dan hampir 200 lainnya terluka dalam serangan bunuh diri pada sebuah pernikahan di Kabul, yang diklaim dilakukan oleh Daesh.

Putaran terakhir pembicaraan damai dengan Taliban berakhir pekan lalu setelah berlangsung selama lebih dari seminggu. 

Khalizad mengatakan kedua pihak membahas "perincian teknis" pada akhir pembicaraan yang disebutnya "produktif". 


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA