Uni Eropa coret Swiss dan UEA dari daftar surga pajak

UEA dihapus dari daftar hitam blok yang mencakup yurisdiksi yang gagal berkolaborasi dengan UE dalam masalah pajak, sementara Swiss dicoret dari daftar abu-abu

Uni Eropa coret Swiss dan UEA dari daftar surga pajak

ANKARA

Para menteri keuangan Uni Eropa sepakat untuk menghapus Uni Emirat Arab (UEA) dan Swiss dari daftar negara surga pajak.

Surga pajak adalah yurisdiksi, teritori, atau negara yang memberikan tingkat pajak yang sangat rendah atau tak ada pajak sama sekali.

UEA dihapus dari daftar hitam blok yang mencakup yurisdiksi yang gagal berkolaborasi dengan UE dalam masalah pajak, sementara Swiss dicoret dari daftar abu-abu.

"UEA dan Marshall Islands sama-sama telah melewati reformasi yang diperlukan untuk mengimplementasikan kerangka kebijakan pajak mereka yang memperkenalkan persyaratan substansi ekonomi," jelas Uni Eropa.

Selain itu, Swiss, Albania, Kosta Rika, Mauritius, dan Serbia dianggap mampu mematuhi prinsip tata kelola pajak yang baik dari UE.

Di sisi lain, Samoa, Belize, Fiji, Guam, Oman, Samoa, Trinidad dan Tobago, Virgin Islands, dan Vanuatu masih tercatat dalam daftar hitam UE.

Daftar surga pajak UE dibuat pada 2017 untuk melacak yurisdiksi yang tidak bekerja sama dengan blok terkait masalah pajak.

Daftar tersebut berkontribusi pada tindakan pencegahan mangkir pajak sekaligus mempromosikan prinsip-prinsip tata kelola yang baik seperti transparansi pajak serta sistem perpajakan yang adil dan sesuai standar internasional.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA