UE ingatkan Iran soal kesepakatan nuklir

Uni Eropa mendesak pemerintah Teheran memenuhi komitmennya dalam perjanjian nuklir 2015

UE  ingatkan Iran soal kesepakatan nuklir

BRUSSELS

Juru Bicara Komisi Uni Eropa Maja Kocijancic mengatakan pada konferensi pers bahwa pihaknya memiliki kekhawatiran yang besar tentang pernyataan Iran yang berniat mengurangi komitmennya dalam kesepakatan nuklir.

"Uni Eropa menyampaikan dengan konsisten dan jelas bahwa pihaknya akan tetap dalam komitmennya jika Iran melakukan kewajibannya dalam perjanjian nuklir,” ungkap Kocijancic.

Uni Eropa menekankan pihaknya mengikuti perkembangan di Iran melalui Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

"Kami menyerukan kepada Iran untuk memenuhi semua kewajibannya terkait perjanjian nuklir dan mundur dari semua aktivitas yang berlawanan dengannya," tutur Kocijancic.

Kocijancic menyebut bahwa UE berusaha mengambil beberapa langkah untuk melindungi perjanjian nuklir Iran dengan membentuk mekanisme perdagangan khusus yang akan mengantisipasi sanksi AS terhadap Iran.

Pada Rabu, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa negaranya akan segera mengambil langkah lanjutan dalam mengurangi komitmennya berdasarkan perjanjian nuklir.

Dia menegaskan bahwa Eropa harus memberikan dukungan ekonomi tambahan ke negaranya jika mereka ingin mempertahankan kesepakatan.

Kesepakatan nuklir itu disepakati antara Iran, China, Prancis, Jerman, Rusia, Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Eropa.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA