Turki, UE gelar pertemuan tingkat tinggi pekan depan

Menurut Kementerian Luar Negeri Turki, proses aksesi ke Uni Eropa termasuk dalam agenda pertemuan

Turki, UE gelar pertemuan tingkat tinggi pekan depan


ANKARA 

Sebuah pertemuan tingkat tinggi antara Turki dan Uni Eropa akan berlangsung pada 22 November di Ankara, Turki.

"Pertemuan antara delegasi Turki dan UE akan membahas isu-isu utama mengenai hubungan keduanya, termasuk proses aksesi Turki, ekonomi, perdagangan, kerja sama finansial, energi, Serikat Pabean Uni Eropa, perang terorisme, keamanan, migrasi, hingga liberalisasi visa," jelas Kementerian Luar Negeri Turki pada Kamis.

Turki mengajukan keanggotaan di Masyarakat Ekonomi Eropa pada 1987, kemudian memenuhi syarat keanggotaan UE pada 1997, dan perundingan aksesi pun dimulai pada 2005.

Delegasi Turki akan mencakup Direktorat Urusan Uni Eropa, yang akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

Sementara itu, delegasi Uni Eropa akan dipimpin oleh Federica Mogherini, kepala kebijakan luar negeri blok itu, yang didampingi oleh Komisaris Kebijakan Lingkungan Eropa dan Negosiasi Perluasan Johannes Hahn.

"Selama pertemuan tersebut, diskusi soal Balkan, Suriah, Irak, Proses Perdamaian Timur Tengah serta isu-isu regional dan internasional lainnya juga akan dibahas," kata kementerian.

Sebelumnya, Kepala Delegasi UE untuk Turki Christian Berger juga membahas rencana pertemuan itu. Menurut dia, dialog politik antara kedua belah pihak akan dimulai, menyusul pertemuan tersebut.

Berger mengatakan pertemuan tentang transportasi, energi dan ekonomi akan menjadi agenda awal dialog politik.

Dia juga menyampaikan harapannya untuk pertemuan tingkat presiden selama kepempimpinan Rumania di Dewan Uni Eropa tahun depan.


*Ilyas Gun in Samsun turut berkontribusi dalam laporan ini


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA