Turki tegaskan dukungannya untuk pencabutan sanksi dan embargo ke Kuba

Menlu Turki Mevlut Cavusoglu berharap keuntungan perdagangan bilateral akan mencapai USD200 juta

Turki tegaskan dukungannya untuk pencabutan sanksi dan embargo ke Kuba

HAVANA

Dalam kunjungan resmi dua harinya ke Kuba, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menegaskan bahwa negaranya akan terus mendukung pencabutan sanksi dan embargo untuk Kuba.

Hal itu disampaikan oleh Cavusoglu usai pertemuannya dengan Presiden Kuba Miguel Díaz-Canel Bermudez di Havana pada Sabtu.

"#Turki sangat menentang sanksi sepihak & akan terus mendukung Resolusi di #UNGA untuk mengakhiri embargo yang dikenakan pada #Kuba. @DiazCanelB," cuitnya via Twitter.

Cavusoglu juga menemui rekan sejawatnya dari Kuba, Bruno Rodriguez Parrilla, untuk membahas cara-cara meningkatkan hubungan bilateral, masalah regional, hingga krisis politik regional yang sedang berlangsung di Venezuela.

"Investasi Turki di #Kuba semakin meningkat. Kami akan mengembangkan hubungan di bidang pertanian, konstruksi, infrastruktur, energi, kesehatan & pariwisata. @BrunoRguezP," tambah dia.

Di hari terakhir kunjungannya, Menlu Turki juga bertemu dengan Ketua Parlemen Kuba Estaban Lazo Hernandez.

Dia mengumumkan bahwa Parlemen Turki akan menjadi pengamat di Parlemen Amerika Latin (Parlatino), sebuah organisasi permanen regional.

"#Turki dan #Kuba akan meningkatkan komunikasi di tingkat parlemen. #TBMM [Majelis Nasional Turki Besar] siap menjadi pengamat di #PARLATINO. #EstebanLazoHernández," kata Cavusoglu dalam serangkaian cuitannya.

Cavusoglu menyebutkan bahwa penerbangan Turkish Airlines ke Kuba mendukung peningkatan hubungan perdagangan bilateral.

"Penerbangan @TK_TR memiliki dampak positif pada pariwisata dan hubungan perdagangan kita dengan Kuba. Nilainya kemungkinan akan mencapai USD200 juta dalam perdagangan bilateral. #RicardoCabrisas," tambah dia.


*Dilara Hamit turut melaporkan dari Ankara

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA