Turki, Rusia selesaikan patroli gabungan ke-12 di Suriah utara

Pasukan kedua melakukan patroli bersama di timur Sungai Efrat di Suriah utara berdasarkan kesepakatan 22 Oktober

Turki, Rusia selesaikan patroli gabungan ke-12 di Suriah utara

ANKARA

Pasukan Turki dan Rusia menyelesaikan putaran ke-12 patroli darat bersama di Suriah utara berdasarkan kesepakatan bulan lalu.

“Unit-unit Turki dan Rusia telah menyelesaikan patroli darat gabungan kedua belas sesuai rencana. Sebanyak delapan kendaraan yang terdiri dari empat dari masing-masing pihak berpartisipasi dalam patroli darat gabungan kedua belas bersama dengan UAV di sektor Qamishli-Derek," ujar pernyataan dari Kementerian Pertahanan Nasional Turki, Sabtu.

“Unit-unit Turki dan Rusia berpatroli di sebuah area dengan panjang 69 kilometer dan kedalaman 4,3 kilometer,” pernyataan itu menambahkan.

Patroli darat gabungan pertama digelar pada 1 November di dekat wilayah Ras al-Ayn dan Qamishli di timur Sungai Efrat.

Patroli ke-11 dilakukan di wilayah Qamishli dan Derek.

Turki pada 9 Oktober meluncurkan Operation Peace Spring menyerang teroris YPG/PKK dari Suriah utara untuk membentuk zona aman di kawasan perbatasan Turki, membantu kepulangan pengungsi dan memastikan integritas teritorial Suriah.

Ankara ingin agar teroris YPG/PKK menarik diri dari wilayah tersebut sehingga zona aman dapat dibuat untuk membuka jalan bagi pulangnya sekitar dua juta pengungsi.

Pada 22 Oktober, Ankara dan Moskow mencapai kesepakatan, teroris YPG / PKK akan mundur 30 km ke arah selatan perbatasan Turki dengan Suriah. Setelah itu pasukan keamanan dari Turki dan Rusia akan melakukan patroli bersama di kawasan tersebut. 

Dalam lebih dari 30 tahun terornya melawan pemerintahan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan UE - telah bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi. 

Sedangkan YPG adalah PKK cabang Suriah. 

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA