Turki lumpuhkan teroris senior YPG/PKK di Irak utara

Teroris yang dilumpuhkan dalam operasi yang digelar oleh Intelijen Turki itu termasuk orang yang paling dicari oleh Kementerian Dalam Negeri Turki

Turki lumpuhkan teroris senior YPG/PKK di Irak utara

ANKARA 

Seorang anggota teroris senior YPG/PKK dilumpuhkan pada 19 November dalam sebuah operasi oleh Badan Intelijen Nasional (MIT) Turki di Irak utara, kata sumber keamanan Turki pada Kamis.

Otoritas Turki sering menggunakan istilah "melumpuhkan/menetralkan" dalam pernyataannya untuk menyiratkan teroris yang dimaksud, menyerah atau dibunuh atau ditangkap.

Teroris senior yang diidentifikasi sebagai Beraat Afsin - dengan nama sandi Medya Agit – masuk dalam kategori merah dari daftar orang yang dicari oleh Kementerian Dalam Negeri Turki menjadi pemimpin kelompok teroris divisi wanita di Sinjar, Irak.

Setelah bergabung dengan YPG/PKK di daerah pedesaan pada tahun 1997, Afsin berperan dalam serangan bersenjata pada tahun 2000 di Turki.

Pada 2010, Afsin juga ikut dalam kegiatan teroris di wilayah Qandil Irak utara - tempat teroris YPG/PKK bersarang.

Teroris PKK sering menggunakan kawasan Irak utara sebagai pangkalan untuk merencanakan serangan teroris lintas-perbatasan ke Turki.

Militer Turki menggelar serangan udara ke wilayah utara Irak lainnya untuk memusnahkan organisasi teroris PKK/KCK/PYD/YPG, menghentikan serangan-serangan teror terhadap masyarakat dan pasukan keamanan.

Turki memastikan keamanan di perbatasan mengacu pada prinsip membela diri di bawah hukum internasional dan pasal 51 Piagam PBB, ungkap Departemen Pertahanan Turki.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA