Turki keluarkan surat penangkapan 94 tersangka FETO

Kantor Jaksa Ankara mengeluarkan surat perintah penangkapan para tersangka yang diduga berkomplot dengan menggunakan ByLock, aplikasi telepon terenkripsi

Turki keluarkan surat penangkapan 94 tersangka FETO

ANKARA 

Kejaksaan Turki mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk 94 tersangka yang memiliki kaitan dengan Organisasi Teror Fetullah (FETO), kelompok di balik kudeta yang dikalahkan pada 2016.

Kantor Jaksa Penuntut Umum di Ankara mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk para tersangka yang diduga berkomplot dengan menggunakan ByLock, aplikasi telepon terenkripsi.

Pihak berwenang melakukan penyelidikan terhadap organisasi teroris itu dalam struktur sipil.

Sejalan dengan keputusan penangkapan tersebut, Polisi Ankara hingga kini sudah menangkap 67 tersangka, dan terus melanjutkan operasi untuk menangkap 27 orang lainnya.

Anggota FETO yang telah menyusup ke beberapa lembaga negara, terutama ke Angkatan Bersenjata Turki, mencoba melakukan kudeta atas instruksi Fethullah Gülen, pemimpin FETO yang kini tinggal di AS.

Namun, respons masyarakat Turki telah membuyarkan rencana pengambilalihan kekuasaan itu. Mereka rela keluar rumah untuk menggagalkan kudeta dengan berdiri menghalau tank dan kendaraan berat militer lainnya.

Sebanyak 251 orang, termasuk polisi dan warga sipil, gugur. Hampir 2.200 orang lainnya terluka.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA