Turki kecam pertemuan Macron dengan teroris PYD/YPG

Kementerian Luar Negeri Turki menyebut pertemuan tersebut sebagai "salah langkah" karena bertentangan dengan aliansi

Turki kecam pertemuan Macron dengan teroris PYD/YPG

ANKARA

Turki pada Jumat mengecam pertemuan antara Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan delegasi Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yaitu cabang dari kelompok teror PKK di Suriah.

"Kami mengutuk pertemuan Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan SDF," tegas Hami Aksoy, juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

"Upaya pemberian legitimasi buatan untuk perpanjangan kelompok teroris ini adalah langkah yang salah dan tidak sesuai dengan hubungan aliansi," tambah dia.

Aksoy menekankan pentingna upaya pencegahan setiap agenda yang merongrong kesatuan politik dan integritas wilayah Suriah.

Dia juga mengatakan bahwa Turki tidak akan ragu untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjaga keamanan nasionalnya.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang didaftarkan sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa - bertanggung jawab atas kematian hampir 40.000 jiwa, termasuk perempuan dan anak-anak.

AS, yang menganggap PKK sebagai organisasi teroris, mengubah nama YPG menjadi SDF pada Juli 2017 untuk membedakannya dari PKK.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA