Turki gelar festival Etnospor di Istanbul hingga 6 Oktober besok

Festival ini dihadiri oleh perwakilan 16 negara dan digelar sejak Kamis di Bandara Ataturk

Turki gelar festival Etnospor di Istanbul hingga 6 Oktober besok

ISTANBUL

Turki sejak Kamis kemarin menggelar festival budaya outdoor terbesar di Bandara Ataturk yang mengangkat tema budaya, olahraga dan permainan rakyat yang telah dilestarikan oleh para pendahulu selama berabad-abad hingga masa kini.

Festival yang telah diselenggarakan ke-empat kalinya oleh Konfederasi Etnospor Dunia ini akan dipartisipasikan oleh perwakilan 16 negara pada tahun ini, termasuk di antaranya Argentina.

Para bintang sepakbola seperti Radamel Falcao dari klub bola Galatasaray, dan Emre Belozoglu dan Vedat Muriqi dari Fenerbahce turut bergabung dalam festival ini untuk melakukan aksi penembakkan panah.

"Saya belum pernah melepaskan anak panah sebelumnya. Ini akan mengasyikkan. Olahraga ini bukan hanya perlombaan tetapi juga sebuah faktor pemersatu," kata striker Fenerbahce Vedat Muriqi kepada wartawan sebelum menembakkan panah.

Festival ini akan berlangsung hingga 6 Oktober besok.

Hampir 1.000 atlet akan bertanding dalam 12 cabang olahraga tradisional seperti panahan, gulat minyak, gulat sabuk, lempar lembih, mancala, dan panahan berkuda.

Pertandingan gulat berlumuran minyak akan berlangsung selama empat hari dengan total partisipasi 300 peserta.

Festival Budaya Etnospor ke-4 ini juga menghadirkan hidangan tradisional dari seluruh dunia untuk dinikmati para pengunjung.

Total makanan tradisional dari 16 negara akan disuguhkan dalam festival ini.

Selain olahraga, para pengunjung anak-anak juga akan mencicipi 40 permainan anak-anak tradisional dan 60 stand kerajinan tangan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan harapannya via akun Twitter-nya bahwa kegiatan ini dapat menghidupkan adat budaya yang meluhur.

"Hari ini, olahraga tradisional dan budaya yang telah diwariskan kepada kami kembali kami hidupkan dan kegiatan ini berperan penting untuk memperkenalkan kepada generasi berikutnya,” cuit Presiden Erdogan.

Etnospor adalah istilah untuk permainan atau olahraga yang memiliki nilai budaya tinggi yang telah dihidupkan oleh berbagai budaya selama berabad-abad. Kegiatan ini akan menjadi indikator keberhasilan suatu bangsa dalam melestarikan olahraga tradisionalnya.

Etnospor akan memperkenalkan identitas lokal suatu bangsa serta tradisi-tradisi leluhur agar tidak dilupakan dan lenyap dari masyarakat.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA