Turki akan pulangkan anak-anak teroris Daesh dari Irak

Ankara telah sepakat dengan Baghdad untuk membawa pulang anak-anak teroris Daesh ke Turki sebelum Idul Fitri

Turki akan pulangkan anak-anak teroris Daesh dari Irak

ANKARA

Turki bersedia membawa pulang warganya, terutama anak-anak yang lahir dari teroris Daesh di Irak, ke Turki sebelum Idul Fitri.

“Kami berniat memulangkan sejumlah besar anak, bahkan kalau memungkinkan semuanya, sebelum Hari Raya Idul Fitri. Kami sedang mengupayakan itu, ”kata Duta Besar Turki untuk Irak Fatih Yildiz kepada Anadolu Agency.

"Kami telah sepakat dengan pihak Irak untuk mengurangi penderitaan anak-anak yang tak berdosa," tambah dia yang tengah mendampingi kunjungan Perdana Menteri Irak Adil Abdul-Mahdi ke Ankara

Yildiz menekankan bahwa anak-anak itu memiliki hubungan keluarga di Turki.

"Tujuan kami adalah untuk menyatukan anak-anak dan keluarga mereka dengan kontribusi dari Kementerian Keluarga, Perburuhan dan Layanan Sosial Turki," jelas dia.

Daesh merebut sekitar sepertiga wilayah Irak, termasuk Kota Mosul, pada pertengahan 2014.

Akhir 2017, tentara Irak - dengan bantuan koalisi militer yang dipimpin Amerika Serikat - berhasil merebut kembali wilayah-wilayah yang dikuasai kelompok teroris tersebut.

Meskipun para pejabat di Baghdad menyatakan kehadiran Daesh di negara itu sebagian besar telah dimusnahkan, Daesh masih terus melancarkan serangan sporadis di Provinsi Nineveh, Kirkuk, Diyala, Saladin. dan Anbar.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA