Trump tunjuk Brasil sebagai sekutu non-NATO utama

Penunjukan ini merupakan pengakuan atas komitmen Pemerintah Brasil yang baru-baru ini meningkatkan kerja sama pertahanan dengan AS

Trump tunjuk Brasil sebagai sekutu non-NATO utama

WASHINGTON

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu mengumumkan bahwa dia akan menunjuk Brasil sebagai sekutu non-NATO utama.

"Penunjukan ini merupakan pengakuan atas komitmen Pemerintah Brasil yang baru-baru ini meningkatkan kerja sama pertahanan dengan AS, sekaligus sebagai pengakuan atas kepentingan nasional kita sendiri dalam memperdalam koordinasi pertahanan kita dengan Brasil," kata Trump dalam sebuah pernyataan kepada Kongres.

Untuk memberikan status sekutu non-NATO utama ke suatu negara, Trump harus menunggu 30 hari setelah memberi tahu Kongres tentang penunjukan yang dimaksud.

Manfaat penunjukan ini di antaranya kolaborasi pada pengembangan teknologi pertahanan, akses khusus ke pembiayaan peralatan militer, akses istimewa ke industri pertahanan AS, dan latihan militer bersama.

Tujuh belas negara lain memegang status sekutu non-NATO utama, termasuk Israel, Jepang, dan Korea Selatan.

Pada Maret, Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat "sangat mampu" untuk memberikan beberapa hak istimewa NATO ke Brasil.

Jika Brasil berhasil menyelesaikan proses panjang penunjukan itu, maka Brasil akan menjadi negara Amerika Latin pertama yang bergabung dengan NATO.

Trump sejak lama mengkritik Organisasi Perjanjian Atlantik Utara, dan menyerukan negara-negara anggota lainnya untuk memikul lebih banyak beban pertahanannya dengan menambah pengeluaran militer.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA