Trump: 50 tentara AS sudah keluar dari wilayah utara Suriah

Menurut Trump, pihaknya tidak akan mampu menahan militan Daesh dan keluarga mereka di Suriah untuk jangka waktu yang lama

Trump: 50 tentara AS sudah keluar dari wilayah utara Suriah

WASHINGTON

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan sudah 50 tentara AS keluar dari wilayah yang akan digelar operasi militer oleh Turki.

Dalam konferensi pers dengan para petinggi militer di Gedung Putih, Trump memberikan informasi kepada wartawan tentang keputusan AS di Suriah.

Trump mengatakan negaranya menempati di Suriah lebih lama dari yang semestinya.

“Sebelumnya, ada 50 tentara di wilayah tersebut (bagian timur Sungai Eufrat, di utara Suriah) dan kini mereka telah meninggalkan daerah itu,” ungkap Trump kepada wartawan.

Trump menekankan bahwa AS tidak akan mampu menahan militan Daesh dan keluarga mereka di Suriah untuk jangka waktu yang lama.

"Di saat yang sama, kita harus percaya sama negara-negara Eropa. Kita harus percaya pada Iran, Irak, Turki, Suriah, Rusia dan beberapa negara lain untuk mengawasi militan Daesh,” tutur Trump.

Pemerintahan Trump menolak memberikan dukungan untuk misi tersebut, dan dalam menghadapi tekanan balik yang signifikan, presiden bersumpah “jika Turki melakukan sesuatu yang saya, dalam kebijaksanaan yang agung dan tak tertandingi, dianggap terlarang, saya akan benar-benar menghancurkan dan melenyapkan ekonomi Turki.”

Turki telah lama meminta AS untuk bermitra dalam perang melawan Daesh.

Sejak 2016, Operasi Ranting Zaitun dan Perisai Eufrat Turki di barat laut Suriah telah membebaskan wilayah itu dari teroris YPG/PKK dan Daesh, memungkinkan hampir 400.000 warga Suriah yang melarikan diri dari kekerasan pulang ke barat Suriah.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye teror melawan Turki, PKK—yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa—bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk perempuan dan anak-anak. YPG adalah cabang Suriah organisasi teroris PKK.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA