Trudeau, Trump akan bertemu di Washington pekan depan

Presiden AS dan PM Kanada akan mendiskusikan kesepakatan perdagangan bebas Amerika Utara yang baru dan membahas penahanan dua warga Kanada oleh China karena dugaan spionase

Trudeau, Trump akan bertemu di Washington pekan depan

TRENTON, Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Kamis mengkonfirmasi bahwa dia akan menemui Presiden Amerika Serikat Donald Trump pekan depan di Washington.

Keduanya akan mendiskusikan kesepakatan perdagangan bebas Amerika Utara yang baru dan membahas penahanan dua warga Kanada oleh China karena dugaan spionase.

Kesepakatan perdagangan bebas baru USMCA (Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada) jadi bahasan utama dalam Kongres AS. Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang seharusnya digantikan oleh USMCA akan tetap berlaku.

Masalah lainnya yang akan dibahas mereka adalah Kanada yang mengambil risiko untuk mengikuti perjanjian ekstradisi dengan AS.

Desember lalu, Kanada menangkap pejabat tinggi Huawei Wanzhou Meng di Vancouver atas permintaan pemerintah AS.

AS menginginkan penangkapan itu karena adanya tuduhan bahwa Meng melanggar sanksi dengan melakukan bisnis diam-diam dengan Iran.

Penangkapan itu pun menyulut amarah warga China yang meminta pembebasannya sesegera mungkin.

Saat ini, Meng masih bebas dengan jaminan tetapi menjadi tahanan rumah. Dia akan menghadapi sidang ekstradisi pada Januari mendatang.

Sebagai balasan, China menangkap dua warga Kanada, pengusaha Michael Spavor dan mantan diplomat Michael Kovring, dan menuduh mereka melakukan aktivitas mata-mata.

China juga membatalkan kesepakatan senilai miliaran dolar untuk produk pertanian yang dibeli dari Kanada.

Dalam siaran pers, Kanada menyebut penangkapan itu sebagai "penahanan sewenang-wenang dua warga negara Kanada oleh China".

Pada Rabu, kantor Trudeau mengkonfirmasi bahwa dia mencoba berdiskusi dengan PM China Li Keqiang untuk membahas penahanan dua warga Kanada tetapi ditolak.

Trudeau telah mengindikasikan kemungkinan untuk tetap menemui Presiden China Xi Jinping selama pertemuan G20 pada akhir Juni.

Selama kunjungannya baru-baru ini ke Kanada, Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan Presiden AS Donald Trump akan berbicara dengan presiden China selama KTT.

Pertemuan antara Trudeau dan Trump rencananya akan digelar pada 20 Juni.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA