Teroris PKK / YPG langgar kesepakatan zona aman 20 kali

Satu tentara Turki gugur, sementara satu lagi cedera saat patroli dalam penyerangan yang dilakukan PKK / YPG di Suriah utara

Teroris PKK / YPG langgar kesepakatan zona aman 20 kali

ANKARA

Teroris PKK / YPG telah melanggar kesepakatan zona aman dengan Amerika Serikat sebanyak 20 kali sejak diberlakukan pada 17 Oktober, kata Kementerian Pertahanan Turki pada Minggu.

Kementerian itu juga mengatakan seorang tentara Turki gugur dan seorang lagi cedera saat sedang melakukan patroli karena diserang teroris PKK / YPGdi wilayah Tal-Abyad di Suriah timur Sungai Efrat.

Pasukan keamanan membalas serangan teroris untuk membela diri, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Kementerian berduka cita pada prajurit yang gugur mati syahid dan belasungkawa kepada keluarganya, militer Turki dan bangsa Turki.

Pada 9 Oktober, Turki telah meluncurkan Operation Mata Air Perdamaian untuk menghancurkan teroris dari Suriah utara, mengamankan perbatasan Turki, mengamankan kepulangan pengungsi Suriah dan memastikan integritas teritorial Suriah.

Pada 17 Oktober, Turki setuju untuk menghentikan Operasi Mata Air Perdamaian selama 120 jam untuk memungkinkan penarikan pasukan teroris YPG / PKK dari zona aman yang direncanakan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Wakil Presiden AS Mike Pence juga menyepakati Turki memiliki zona aman 20 mil (32 kilometer) di selatan perbatasan Turki di Suriah.

Ankara ingin membersihkan Suriah utara di sebelah timur Sungai Efrat PKK teroris dan cabang Suriahnya, YPG / PKK.

Selama lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa - bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

* Ditulis oleh Sibel Morrow dan Zehra Nur Duz



TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA