Tentara Pakistan tewas di perbatasan Khasmir

Sepanjang bulan lalu, tiga tentara Pakistan dan lima tentara India tewas dalam baku tembak di sepanjang LoC

Tentara Pakistan tewas di perbatasan Khasmir

KARACHI, Pakistan 

Pakistan pada Kamis menuduh pasukan perbatasan India membunuh satu personel tentaranya dalam tembakan provokasi yang yang ditembakkan di sepanjang perbatasan Kashmir.

Dalam sebuah pernyataan, Inter Services Public Relations (ISPR), sayap media tentara Pakistan, mengatakan prajurit itu tewas di sektor Hajipir dari Line of Control (LoC), perbatasan de facto yang membagi lembah Himalaya yang disengketakan kedua negara.

Hubungan Pakistan dan India semakin memburuk setelah India secara sepihak membatalkan ketentuan khusus untuk negara bagian Jammu dan Kashmir.

Sepanjang bulan lalu, tiga tentara Pakistan dan lima tentara India tewas dalam baku tembak di sepanjang LoC.

Beberapa kelompok hak asasi manusia termasuk Human Rights Watch dan Amnesty International telah berulang kali meminta India untuk mencabut pembatasan dan membebaskan tahanan politik.

Namun pihak berwenang India mengklaim bahwa pembatasan siang hari telah dicabut di 90 persen wilayah tersebut.

Sejak 1954 hingga 5 Agustus 2019, Jammu dan Kashmir menikmati status khusus di bawah konstitusi India, yang memungkinkannya untuk otonomi.

Ketentuan-ketentuan itu juga melindungi undang-undang kewarganegaraan wilayah tersebut, melarang orang luar menetap dan memiliki tanah di wilayah tersebut.

India dan Pakistan sama-sama mengklaim memiliki Kashmir secara utuh.

China juga mengendalikan sebagian wilayah yang diperebutkan, tetapi India dan Pakistan yang telah berperang dua kali atas Kashmir.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA