Tentara dan pemberontak bentrok di Jammu Kashmir, satu tewas

Bentrokan terjadi antara pemberontak dan tentara India yang menggelar operasi di wilayah Ganderbal

Tentara dan pemberontak bentrok di Jammu Kashmir, satu tewas

ANKARA

Seorang pemberontak Kashmir tewas dan satu pasukan India terluka dalam baku tembak di Jammu Kashmir, India.

Menurut laporan dari media India, terjadi bentrokan antara pemberontak dan aparat keamanan yang menggelar operasi di wilayah Ganderbal.

Dua pemberontak tewas dalam baku tembak di wilayah Bandipora pada akhir pekan kemarin.

Pasukan keamanan menyita senjata dan amunisi milik para pemberontak setelah bentrokan itu berakhir.

Ketegangan antara Islamabad dan New Delhi memuncak setelah India mencabut status quo Jammu dan Kashmir, yang memungkinkan penduduknya memberlakukan hukum mereka sendiri dan mencegah orang luar menetap atau memiliki tanah di wilayah itu.

Para pemimpin dan warga Kashmir khawatir langkah ini merupakan upaya India untuk mengubah demografi negara berpenduduk mayoritas Muslim, yang telah berjuang melawan kekuasaan India untuk kemerdekaan atau penyatuan dengan negara tetangga Pakistan.

Kashmir, wilayah Himalaya dengan mayoritas penduduk Muslim, terbagi menjadi area yang diduduki India dan Pakistan, serta sebagian kecil diduduki China.

India dan Pakistan telah berperang 3 kali – pada 1948, 1965 dan 1971 – sejak berpisah pada 1947, dua pertempuran itu terkait Kashmir. Kelompok pemberontak di Jammu dan Kashmir terus berjuang untuk kemerdekaan dari kuasa India, atau untuk bergabung dengan Pakistan.

Lebih dari 70.000 orang telah tewas dalam konflik itu sejak 1989. India menempatkan lebih dari setengah juta tentara di area yang disengketakan itu.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA