Sudan Selatan bentuk pemerintah transisi pada 12 November

"Pemerintah melaksanakan perjanjian dan implementasi kesepakatan berjalan baik," kata Menteri Informasi Michael Makuei Lueth

Sudan Selatan bentuk pemerintah transisi pada 12 November

JUBA, Sudan Selatan

Para pejabat Sudan Selatan pada Jumat memastikan transisi persatuan nasional negaranya akan dibentuk pada 12 November.

"Pemerintah melaksanakan perjanjian dan implementasi kesepakatan berjalan baik," kata Menteri Informasi Michael Makuei Lueth, kepada wartawan usai pertemuan kabinet di ibu kota Juba.

Lueth mengatakan pemerintah juga mendesak para pemimpin oposisi yang bertemu di Belanda pekan lalu untuk mengurungkan rencana "anti-perdamaian" mereka.

Lueth mengatakan mereka harus bergabung dengan perjanjian damai daripada berkeliling ke luar negeri dan menyebabkan kekacauan dan penderitaan bagi rakyat Sudan Selatan.

Sudan Selatan mengalami krisis ketika Presiden Salva Kiir memecat Riek Machar sebagai wakil presiden pada Desember 2013 karena dicurigai merencanakan kudeta.

Kondisi tersebut diikuti perang saudara berkepanjangan yang merenggut puluhan ribu nyawa dan memaksa 4 juta warga mengungsi.

Sebelum perjanjian damai 2018, pertempuran selama lima tahun antara kedua pemimpin itu telah melumpuhkan negara dengan jutaan warga terlantar dan hampir 400.000 orang tewas akibat kekerasan dan penyakit.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA