Situasi kondusif, Irak cabut peringatan keadaan darurat

Media Irak melaporkan kini situasi keamanan negara telah stabil dan pemerintah mencabut peringatan kondisi darurat militer

Situasi kondusif, Irak cabut peringatan keadaan darurat

BAGHDAD 

Pemerintah Irak mencabut “alarm” keadaan darurat yang diinstruksikan kepada militer terkait aksi demonstrasi anti-pemerintah, setelah situasi di beberapa daerah mulai kondusif.

Menurut laporan dari media Irak, pemerintah sempat menginstruksikan Kementerian Pertahanan agar mewaspadai aksi demonstrasi anti-pemerintah dan melindungi lembaga-lembaga publik dan perwakilan diplomatik.

Media Irak melaporkan kini situasi keamanan negara telah stabil dan pemerintah mencabut peringatan kondisi darurat militer.

Akses masuk ke zona itu ditutup dan keamanan diperketat untuk mencegah meletusnya aksi protes di area pusat pemerintahan seperti kantor instansi pemerintah, kedutaan asing, dan markas Koalisi Internasional pimpinan Amerika Serikat di Irak.

Aksi protes massal meletus pekan lalu di beberapa kota di Irak di mana warga menuntut perbaikan kondisi kehidupan dan memprotes korupsi pemerintah.

Aksi itu semakin masif setelah pasukan keamanan Irak membubarkan massa dengan amunisi hidup.

Akibatnya, jumlah korban jiwa sudah mencapai 110 orang sementara ribuan lainnya terluka dalam protes anti-pemerintah di Irak sejak 1 Oktober.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA