Siprus Yunani beli 4 drone dari Israel

Drone akan digunakan untuk memantau Zona Ekonomi Eksklusif dari Siprus Yunani

Siprus Yunani beli 4 drone dari Israel

ANKARA 

Pemerintah Siprus Yunani membeli empat drone dari Israel untuk memantau wilayah darat dan laut, lansir media lokal Kathimerini Cyprus.

Kantor berita itu melaporkan pada Kamis bahwa drone dibeli seharga EUR12 juta.

Drone yang dibeli dari perusahaan Israel Aeronautics akan memungkinkan Siprus Yunani untuk mendapatkan pemandangan yang jelas dari atas wilayah daratan dan perairan.

Menurut laporan itu, drone akan digunakan untuk memantau Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang disengketakan di Siprus Yunani.

Siprus Yunani secara sepihak menyatakan ada total 13 paket ZEE di Mediterania Timur yang memungkinkan perusahaan minyak dan pengeboran internasional untuk beroperasi di daerah-daerah ini, yang diharapkan memiliki cadangan hidrokarbon yang kaya.

Namun, sebagian besar paket ini berbenturan dengan ZEE yang dinyatakan oleh Republik Turki Siprus Utara (TRNC), di mana pemerintah Siprus Yunani mengabaikan hak-hak dasar mereka untuk berbagi sumber daya pulau.

Siprus Yunani juga membeli 24 sistem artileri baru dari Serbia pada musim panas lalu yang ditampilkan di hadapan publik untuk pertama kalinya dalam parade militer pekan lalu.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA