Sejumlah sejarah pertama tercatat di Kongres baru AS

Misalnya ada dua anggota kongres Muslim pertama dan dua wanita asli Amerika dari total 102 wanita yang masuk Kongres mengambil sumpah jabatan

Sejumlah sejarah pertama tercatat di Kongres baru AS

WASHINGTON

Anggota kongres Amerika Serikat (AS) yang baru dilantik pada Kamis tercatat sebagai parlemen paling beragam dalam sejarah AS.

Kongres ke-116 ini memulai sesi pada Kamis, bersamaan dengan Dewan Perwakilan Rakyat yang mayoritas diisi oleh kader Partai Demokrat.

Kongres ini juga mencatat rekor jumlah wanita terbanyak, yakni 102 orang, termasuk 35 orang yang baru terpilih pada November.

Kongres baru, yang akan menjalankan masa kerja hingga Januari 2021, juga mencatatkan sejumlah rekor, yakni terpilihnya dua wanita Muslim pertama, wanita asli Amerika, serta anggota termuda dalam sejarah Kongres.

Wanita Muslim pertama dalam Kongres

Rashida Tlaib dan Ilhan Omar mencatat sejarah sebagai wanita Muslim pertama yang dilantik di Kongres AS.

Tlaib, seorang Muslim Palestina-Amerika, mengenakan pakaian tradisional Palestina dan mengucapkan sumpahnya di bawah Alquran milik Presiden ketiga AS, Thomas Jefferson.

Dia bergabung dengan Omar, rekannya dari Partai Demokrat, sebagai anggota kongres wanita Somalia-Amerika pertama yang mengenakan jilbab.

Omar datang ke AS sebagai pengungsi sekitar dua dekade lalu.

"Dua puluh tiga tahun yang lalu, dari sebuah kamp pengungsi di Kenya, saya dan ayah saya tiba di bandara di Washington DC," kata Omar melalui Twitter, sambil mengunggah foto dia dan ayahnya sambil memegang koper.

"Hari ini, kita kembali ke bandara yang sama pada malam saya bersumpah sebagai orang Amerika-Somalia pertama di Kongres,” sambung dia.

Pada 2018, organisasi Jetpac yang membantu umat Islam mencalonkan diri untuk jabatan politik mencatat sebanyak 90 Muslim mencalonkan diri dalam Pemilu Paruh Waktu.

Jumlah ini merupakan yang terbanyak sejak serangan 11 September 2001, menurut Jetpac.

Anggota termuda Kongres

Alexandria Ocasio-Cortez, 29, menjadi wanita termuda yang disumpah di Kongres.

Dia mewakili distrik kongres ke-14 New York, yang meliputi wilayah Queens dan Bronx.

Wanita Latin ini memenangkan pemilihan melawan petahana Demokrat, Joe Crowley.

Kemenangan Ocasio-Cortez menjadikannya sorotan nasional menyangkut apakah sayap kiri Partai Demokrat yang ia wakili menjadi tantangan.

Penduduk asli Amerika pertama dilantik

Sharice Davids, seorang Demokrat dari Kansas dan anggota Ho-Chunk Nation, bersama dengan Deb Haaland, seorang Laguna Pueblo dari New Mexico, menjadi anggota kongres wanita asli Amerika pertama di Kongres.

Pemilihan mereka menjadi tonggak penting bagi masyarakat asli Amerika, yang baru menjadi warga negara pada 1924, dan baru diberi hak suara pada 1948.

Sejarah pertama lainnya di Kongres

Ayanna Pressley merupakan anggota Kongres perempuan kulit hitam pertama dari Massachusetts yang menambah keragaman anggota Dewan.

Catatan sejarah pertama lainnya, termasuk kader Republika Marsha Blackburn menjadi senator wanita pertama dari Tennessee; kader Demokrat Kyrsten Sinema menjadi senator pertama dari Arizona dan kade Demokrat Jahana Hayes menjadi anggota kongres kulit hitam pertama dari Connecticut.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA