Rouhani: Iran enggan berbenturan dengan negara lain

Presiden Iran membuat pernyataan tegas dalam pembicaraan telepon dengan Emir Qatar

Rouhani: Iran enggan berbenturan dengan negara lain

ANKARA

Presiden Iran Hassan Rouhani pada Rabu mengatakan negaranya "tidak ingin berbenturan" dengan negara-negara regional atau kekuatan dunia.

Dia membuat pernyataan tegas dalam pembicaraan telepon - yang dibuat berkaitan dengan perayaan Idul Fitri - dengan Emir Qatar Tamim bin Hamad al-Thani, kata pernyataan yang dirilis oleh kantor Rouhani.

"Iran berupaya meningkatkan keamanan regional," kata Rouhani seperti dikutip dalam percakapan telepon. "Iran tidak ingin berbenturan dengan negara-negara kawasan atau kekuatan dunia."

"Tetapi jika ada yang membuat langkah irasional [melawan Iran], mereka akan menerima respons yang buruk yang akan membuat mereka menyesali tindakan mereka," tambahnya, tanpa menyebut nama negara tertentu.

Rouhani juga dilaporkan menekankan hubungan dekat Iran dengan Qatar, dengan mengatakan: "Kebijakan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab vis-à-vis Yaman dan Qatar, bersama dengan hubungan buruk mereka dengan Iran, berfungsi untuk merusak seluruh wilayah."

Dia menambahkan: "Tidak ada solusi militer untuk krisis dan masalah yang saat ini menjangkiti Timur Tengah."

Sementara Emir Qatar mengatakan selama percakapan telepon bahwa negaranya sangat mendukung upaya mediasi Kuwait yang bertujuan mengurangi ketegangan regional.

"Posisi Qatar dan Iran pada sebagian besar masalah regional sangat dekat satu sama lain," katanya, memuji apa yang ia sebut sebagai "kontak berkelanjutan antara kedua negara kami".

Emir Qatar menegaskan bahwa "dialog adalah satu-satunya cara untuk mengurangi ketegangan regional", ia menambahkan: "Qatar tidak akan pernah melupakan dukungan yang telah diterima dari Iran."


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA