Resmi, AS tarik diri dari Perjanjian Iklim Paris

Menlu AS Pompeo mengatakan Pemerintah AS telah mengajukan permohonan untuk menarik diri dari perjanjian tersebut secara resmi

Resmi, AS tarik diri dari Perjanjian Iklim Paris

WASHINGTON

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengumumkan lewat pernyataan tertulis bahwa negaranya telah mengajukan secara resmi penarikan diri dari Perjanjian Iklim Paris 2015.

Pompeo mengatakan Pemerintah AS telah mengajukan permohonan untuk menarik diri dari perjanjian tersebut secara resmi.

“Presiden Donald Trump telah memutuskan untuk menarik diri dari Perjanjian Iklim Paris karena beban ekonomi yang tidak adil yang dibebankan pada pekerja Amerika, bisnis, dan pembayar pajak," ungkap Pompeo.

Di sisi lain, para pengamat mengatakan prosedur penarikan diri AS dari perjanjian itu akan memakan waktu satu tahun.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, pertama kali Trump mengumumkan niatnya untuk menarik AS dari kesepakatan Paris pertama kali pada 1 Juni 2017. Perjanjian Iklim Paris tersebut telah ditandatangani oleh lebih dari 190 negara.

Perjanjian itu, sebut Trump, tidak memerangi perubahan iklim, tetapi bertujuan untuk memberikan keuntungan ekonomi kepada negara-negara lain dari AS.

Trump berpendapat kesepakatan itu akan merugikan AS sebesar USD3 triliun dan hilangnya 6,5 juta pekerjaan pada ekonomi Amerika.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA