Presiden Trump undang pemimpin ASEAN ke AS tahun 2020

Penasihat Keamanan Nasional Robert C O’Brien menyampaikan undangan tersebut dalam rangka pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Amerika Serikat di Bangkok, Senin

Presiden Trump undang pemimpin ASEAN ke AS tahun 2020

Presiden Amerika Serikat Donald Trump melalui Penasihat Keamanan Nasional Robert C O’Brien mengundang para pemimpin ASEAN ke AS untuk menyelenggarakan KTT Khusus.

O’Brien menyampaikan undangan tersebut dalam rangka pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Amerika Serikat di Bangkok, Senin.

“Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menawarkan undangan kepada pemimpin ASEAN untuk bergabung dengan saya dan AS dalam KTT Khusus mungkin dalam waktu yang nyaman bersama pada triwulan pertama 2020,” ujar O’Brien, membacakan undangan dari Presiden Trump kepada ASEAN.

O’Brien mengatakan Presiden Trump meyakini bahwa pertemuan tersebut akan memberikan peluang yang sangat baik bagi kedua pihak untuk mencerahkan hubungan yang lebih untuk bekerja sama dalam hal yang sangat penting bagi hampir 1 miliar orang AS dan ASEAN.

“Orang-orang AS dan saya berharap dapat melihat Anda semua di AS. Dengan tulus, Donald J. Trump,” ujar O’Brien.

O’Brien menambahkan atas nama Presiden Trump, bahwa merupakan suatu kehormatan untuk bergabung dengan para pemimpin dalam KTT ASEAN-AS dan ingin meyakinkan para pemimpin ASEAN mengenai komitmen kuat AS untuk bermitra dan menjadi sekutu bagi ASEAN.

“Kemitraan kami telah berusia 42 tahun yang bersemangat dan kuat. Selama 2 tahun terakhir, AS maju dalam visi Indo-Pasifik untuk memperjuangkan aturan yang adil dan transparan, menghormati kedaulatan, pasar terbuka, dan aturan hukum,” imbuh O’Brien.

Dia mengatakan bahwa AS percaya aturan ini berlaku sama untuk semua negara, baik besar ataupun kecil yang menjadi inti pendekatan AS dalam konteks Indo-Pasifik.

“Kami telah melihat konvergensi yang kuat dan berkembang di balik prinsip-prinsip tersebut,” lanjut dia.

O’Brien juga mengapresiasi ASEAN yang pada bulan Juni lalu membuat pernyataan berani dan kuat melalui ASEAN Outlook on Indo-Pacific, sebuah sikap yang disatukan oleh 10 negara anggota terkait masalah-masalah yang penting.

“Jepang, Australia, Korea Selatan, India, dan Selandia Baru masing-masing memperbaiki pendekatan asli mereka sendiri dengan cara-cara untuk mendukung prinsip bersama ini,” kata O’Brien.

Dia mengatakan konvergensi di kawasan ASEAN dan Pasifik bukan merupakan suatu kebetulan untuk berbagi prinsip dalam menjaga perdamaian dan kemakmuran di Indo-Pasifik selama 7 dekade terakhir bagi keberhasilan kawasan untuk mempertahankannya dengan segala cara.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA