Pompeo bertolak ke Brussel untuk bahas ancaman Iran

Sehari sebelumnya, Menlu AS membatalkan perjalanannya ke Moskow

Pompeo bertolak ke Brussel untuk bahas ancaman Iran

WASHINGTON

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo membatalkan perjalanannya ke Moskow pada Senin.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, tujuan kunjungan itu adalah untuk membahas ancaman dari Iran dengan sekutu-sekutu Eropanya.

Pompeo dijadwalkan untuk mengunjungi staf kedutaan AS di Moskow sebelum menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Sochi pada Selasa.

Namun, juru bicara Deplu, Morgan Ortagus, mengatakan Pompeo justru akan mengunjungi Brussel "untuk membahas ancaman Iran baru-baru ini".

"Pompeo akan terus berkoordinasi erat dengan sekutu dan mitra kami untuk memastikan kepentingan kami di Timur Tengah dan di seluruh dunia aman," tambah Ortagus.

Selama lebih dari sepekan terakhir, pemerintahan Trump berulang kali menyebutkan ancaman dari Iran, tetapi menolak untuk menguraikan secara spesifik.

Di tengah ketegangan yang meningkat, Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan bahwa empat kapal komersial diserang di lepas pantai kota pelabuhan Fujairah.

Dua dari kapal itu adalah kapal tanker berbendera Arab Saudi, satu kapal berbendera UEA, dan satu lagi berbendera Norwegia.

Pelabuhan Fujairah terletak sekitar 85 mil dari selatan Selat Hormuz, di mana sepertiga dari semua minyak di laut diperdagangkan.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA