PKK/YPG masih lakukan serangan provokasi di Suriah utara

Kelompok teroris itu melakukan 11 serangan ke wilayah Operasi Mata Air Perdamaian dalam 24 jam terakhir

PKK/YPG masih lakukan serangan provokasi di Suriah utara

ANKARA 

Kementerian Pertahanan Turki melaporkan kelompok teroris PKK/YPG telah melakukan 11 serangan, sebagian besar serangan tersebut menggunakan peluru mortir dan roket anti-tank ke kawasan Operasi Mata Air Perdamaian dalam 24 jam terakhir.

Dalam sebuah pernyataan via Twitter, Kemhan Turki memberikan penjelasan terkait perkembangan terakhir bahwa pasukan Turki selalu mematuhi kesepakatan yang dicapai mengenai wilayah tersebut.

“Para teroris PKK/YPG terus melakukan serangan provokasi ke wilayah Operasi Mata Air Perdamaian. Mereka melakukan 11 serangan dalam 24 jam terakhir," ungkap pernyataan kementerian Turki itu.

Turki meluncurkan Operasi Mata Air Perdamaian untuk mengamankan perbatasannya dengan menghilangkan unsur-unsur teroris dan memastikan kembalinya pengungsi Suriah dengan aman dan integritas wilayah Suriah.

Menurut Turki, kelompok teroris PKK dan cabangnya YPG/PYD merupakan ancaman terbesar bagi masa depan Suriah, yang membahayakan integritas teritorial dan struktur kesatuan negara.

Turki berencana untuk memukimkan kembali 2 juta warga Suriah di zona aman selebar 30 kilometer yang akan didirikan di Suriah, membentang dari Sungai Eufrat ke perbatasan Irak, termasuk Manbij.

Namun, kehadiran kelompok teroris seperti PKK, PYD dan YPG mengancam keamanan zona tersebut.

Turki telah membersihkan area seluas 4.000 kilometer persegi di Suriah dari kelompok-kelompok teroris dalam dua operasi lintas-perbatasan.

Sejak 2016, Turki telah melakukan dua operasi militer besar di Suriah barat laut - Operas Perisai Eufrat dan Ranting Zaitun - untuk membersihkan wilayah dari kelompok teroris Daesh dan YPG.

PKK merupakan organisasi teroris yang diakui oleh Turki, Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA