Pentagon hadir saat percakapan Trump-Erdogan terkait operasi di Suriah

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper dan Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley merupakan pihak yang hadir saat itu

Pentagon hadir saat percakapan Trump-Erdogan terkait operasi di Suriah

Pentagon hadir saat Presiden Donald Trump dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bercakap soal kemungkinan operasi Turki di Suriah utara.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper dan Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley merupakan pihak yang hadir saat itu.

Rumor bahwa Trump tak menginformasikan Pentagon soal keputusan penarikan pasukan AS dari Suriah terkait rencana operasi milter Turki di Suriah utara masih menjadi isu di media-media AS.

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa Esper dan Milley mengetahui keputusan Trump tersebut, mengutip pernyataan pejabat Kementerian Pertahanan bahwa Menteri Esper dan Kepala Staf Umum Milley berpartisipasi dalam percakapan telepon antara Trump dan Erdogan pada hari Minggu.

Pasca-percakapan telepon itu, AS pada Minggu mengumumkan tidak akan memberikan bantuan atau terlibat dalam operasi yang direncanakan Turki di sebelah timur Sungai Eufrat, Suriah utara.

Trump mengatakan AS akan menarik pasukannya dari Suriah, di tengah rencana Turki untuk melakukan operasi untuk zona aman di utara negara tersebut.

Pernyataan otoritas AS ini menimbulkan perdebatan di negara tersebut sejak awal minggu ini.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA