Pengungsi Suriah coba bunuh diri karena kelaparan

Sejumlah laporan mengatakan bahwa perempuan itu dan anak-anaknya tidak makan selama dua pekan terakhir

Pengungsi Suriah coba bunuh diri karena kelaparan

AMMAN 

Seorang pengungsi Suriah berada dalam kondisi kritis setelah membakar dirinya sendiri di sebuah kamp pengungsi dekat perbatasan Yordania akibat kekurangan makanan.

Upaya bunuh diri itu terjadi di kamp pengungsi Al-Rukban di dekat perbatasan Suriah dan Yordania, ketika wanita itu tanpa daya menyaksikan anak-anaknya kelaparan, menurut seorang petugas medis di kamp.

"Wanita itu menderita luka bakar parah," kata petugas medis Shukri Shihab kepada Anadolu Agency.

Dia mengatakan wanita itu telah dipindahkan ke Yordania untuk mendapatkan perawatan medis.

Omar al-Homsi, juru bicara badan pertahanan sipil di kamp tersebut, mengatakan ada laporan yang saling bertentangan tentang insiden tersebut.

"Sejumlah laporan mengatakan bahwa dia terluka dalam kebakaran di tendanya, sementara yang lain mengatakan dia mencoba bunuh diri," katanya.

Al-Homsi mengatakan saudara laki-lakinya yang tinggal di kota Idlib membenarkan bahwa baik saudara perempuan maupun keponakannya belum makan selama dua minggu terakhir.

Para aktivis di kamp pengungsi mengatakan bahwa wanita itu adalah ibu dari tiga anak.

Suami wanita itu muncul dalam rekaman video yang mengatakan bahwa istrinya mencoba bunuh diri karena kemiskinan dan kelaparan.

"Informasi yang kami terima menunjukkan bahwa keluarga wanita itu sangat miskin dan mereka tidak punya apa-apa untuk dimakan selama dua minggu terakhir," kata al-Homsi.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan akhir tahun lalu, Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah (SNHR) melaporkan bahwa enam pengungsi, termasuk lima anak-anak, tewas di kamp Al-Rukban akibat kelaparan, penyakit dan kurangnya obat-obatan.

SNHR menyalahkan rezim Suriah atas krisis kemanusiaan di kamp tersebut dan menuding pemerintah Yordania melarang masuknya bantuan kemanusiaan ke dalam kamp.

Terletak di gurun dekat perbatasan Suriah-Yordania, kamp Al-Rukban menampung hampir 60.000 pengungsi yang terlantar akibat konflik yang sedang berlangsung di Suriah.

Rezim Suriah telah menerapkan pengepungan yang ketat di sekitar kamp, memicu kondisi kemanusiaan yang memburuk bagi warganya.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA