PBB: Keselamatan 3 juta jiwa di barat laut Suriah terancam

PBB mendesak semua pihak untuk sepenuhnya menghormati hukum kemanusiaan internasional

PBB: Keselamatan 3 juta jiwa di barat laut Suriah terancam

ANKARA

PBB mengeluarkan peringatan bahwa keselamatan tiga juta warga di barat laut Suriah terancam jika rezim Bashar al-Assad terus-menerus melancarkan serangan ke warga dan infrastruktur sipil.

'Sekretaris Jenderal mengatakan bahwa dia sangat terganggu dengan eskalasi di barat laut Suriah, yang kemungkinan berdampak pada lebih dari tiga juta orang, ' ungkap juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Stephane Dujarric, selama konferensi pers pada Rabu malam.

Dujarric menegaskan bahwa PBB mendesak semua pihak untuk sepenuhnya menghormati hukum kemanusiaan internasional.

Pada Selasa, Dujarric menambahkan bahwa kelompok-kelompok kemanusiaan di Idlib melaporkan tiga kematian warga sipil dan 14 yang cedera dalam bentrokan pada Selasa, termasuk perempuan dan anak-anak.

Dia prihatin dengan penderitaan penduduk setempat. Ribuan dari mereka harus pindah ke berbagai lokasi yang berbeda untuk menghindari serangan bom rezim.

"Sepanjang 1 Mei hingga 18 Agustus tahun ini, 576.000 orang di barat laut Suriah terlantar," kata dia lagi.

Pada September lalu, Turki dan Rusia sepekat untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi, di mana tindakan agresi dilarang keras.

Namun, alih-alih mematuhi gencatan senjata, rezim Suriah dan sekutunya justru kerap melancarkan serangan ke wilayah tersebut.

Zona de-eskalasi saat ini dihuni oleh empat juta warga sipil.

Menurut laporan terbaru PBB, ratusan ribu orang telah terbunuh dan lebih dari 10 juta orang telantar akibat konflik yang telah berlangsung selama delapan tahun di Suriah.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA