Pasukan Sudan halau unjuk rasa di luar markas militer

Demonstran, bagaimanapun, menolak untuk mengakhiri unjuk rasa mereka, dan menyerukan transfer kekuasaan kepada pemerintah sipil

Pasukan Sudan halau unjuk rasa di luar markas militer

KHARTOUM

Pasukan Dukungan Cepat Sudan (RSF) pada Senin berupaya untuk menghentikan unjuk rasa di luar markas militer di Khartoum.

Buldoser militer bergerak untuk melindas penghalang jalan yang didirikan oleh pengunjuk rasa di dekat markas, tetapi para pengunjuk rasa mencegatnya.

"RSF dan pasukan militer mengklaim bahwa mereka telah mengamankan area itu, tetapi para demonstran bersikeras mencegahnya," ungkap seorang demonstran kepada Anadolu Agency.

Demonstran telah menggelar aksi protes di luar markas militer untuk menentang kepemimpinan Presiden Omar al-Bashir, yang digulingkan oleh militer pekan lalu setelah tiga dekade berkuasa.

Tentara juga membentuk dewan militer untuk menjalankan pemerintahan selama masa transisi dua tahun.

Demonstran, bagaimanapun, menolak untuk mengakhiri unjuk rasa mereka, dan menyerukan transfer kekuasaan kepada pemerintah sipil.

Sementara itu, Asosiasi Profesional Sudan (SPA), yang mempelopori aksi protes terhadap al-Bashir, meminta para pendukung untuk berkumpul di kamp protes di luar markas militer.

"Kami menyerukan kepada semua demonstran untuk segera pindah ke kamp protes," tegas asosiasi itu dalam sebuah pernyataan.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA