Pasukan AS, Afghanistan serbu penjara di barat laut Afghanistan

Taliban mengklaim 40 militan Daesh dibebaskan dan dibawa oleh pasukan AS dan Afghanistan

Pasukan AS, Afghanistan serbu penjara di barat laut Afghanistan

ISLAMABAD, Pakistan 

Kelompok Taliban pada Minggu mengklaim pasukan Afghanistan dan Amerika Serikat menyerbu fasilitas tahanan mereka di barat laut Afghanistan dan membebaskan 40 teroris Daesh.

Lewat sebuah pernyataan, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan serangan itu dilakukan di area Panj Buz, Distrik Jwand, di Provinsi Badges.

"Pasukan gabungan membunuh dua penjaga penjara kami dan membebaskan 40 tahanan Daesh dari sana, yang membuat Wasington dan Kabul seolah-olah melakukan penggerebekan untuk menyelamatkan tahanan Daesh," kata Mujahid.

Dia menambahkan bahwa Daesh diberangus oleh Taliban di Distrik Darzab, Afghanistan Utara dan berada di ambang kehancuran total ketika pasukan AS dan Afghanistan bekerja sama menyelamatkan lebih dari 200 militan Daesh tahun lalu.

Pada Agustus 2018, para pejabat Afghanistan mengatakan hampir 200 anggota Daesh menyerahkan diri kepada Afghanistan, menyusul serangan mematikan terhadap mereka oleh militan Taliban di Jowzjan yang berbatasan dengan Turkmenistan.

Militan pro-Daesh memiliki tempat persembunyian di Provinsi Nangarhar dan Provinsi Kunar timur yang berbatasan dengan Pakistan, namun Daesh juga memiliki pangkalan di beberapa distrik di Afghanistan Utara yang berbatasan dengan negara-negara Asia Tengah.

Bentrokan besar antara Taliban dan Daesh kerap terjadi di bagian timur dan barat negara itu.

Pada 2017, mantan presiden Afghanistan Hamid Karzai juga menuding AS bekerja sama dengan Daesh dan memungkinkan kelompok itu untuk berkembang di Afghanistan.

"Menurut saya, dengan pengawasan, militer, politik, dan intelijen [AS], Daesh telah lahir," kata Karzai saat diwawancarai Al Jazeera.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA