Paraguay, Turki ciptakan terobosan besar dalam waktu singkat

Menurut dubes Paraguay untuk Turki, kedua negara sepenuhnya terintegrasi di semua aspek

Paraguay, Turki ciptakan terobosan besar dalam waktu singkat

ANKARA 

Duta Besar Paraguay untuk Turki Ceferino Adrian Valdez Peralta mengatakan sejumlah perjanjian telah ditandatangani antara pengusaha Paraguay dan Asosiasi Pengusaha dan Pengusaha Independen Turki (MUSIAD), serta antara Serikat Industri Paraguay dan Dewan Hubungan Ekonomi Luar Negeri Turki (DEIK).

Perjanjian-perjanjian itu di antaranya adalah perjanjian kerja sama, perjanjian perjalanan bebas visa, dan perjanjian lalu lintas udara.

"Perjanjian ini untuk melindungi investasi di kedua negara dan menghindari pajak berganda," kata Valdez kepada Anadolu Agency.

Paraguay telah menerima bantuan dari TIKA di bidang kesehatan berupa sumbangan ambulans, sehingga Paraguay berharap dapat bekerja sama dengan badan itu di bidang lainnya.

"Kami sangat berharap TIKA dapat segera membuka kantor di Paraguay," tambah Valdez, merujuk pada Badan Kerja Sama dan Koordinasi Turki.

Dubes Paraguay itu juga menekankan bahwa Turki memiliki "potensi besar" dari sudut pandang ekonomi, komersial, geografis, budaya dan olahraga.

"Kami sepenuhnya terintegrasi dalam semua hal. Jadi, kami juga berharap agar Turki membuka kedutaan besar di negara-negara Amerika Latin. Amerika Latin adalah tempat yang baik untuk melakukan investasi dan perdagangan," kata dia lagi.

- Anadolu Agency di Paraguay

"Keberadaan Anadolu Agency di Paraguay akan berdampak sangat besar, karena melalui pers, pengetahuan untuk publik, untuk warga negara kami, akan disebarluaskan," ujar Valdez.

"Itulah sebabnya keberadaan kantor berita di Amerika Latin sekelas Anadolu Agency sangat penting," tambah dia.

Dia juga optimistis bahwa Paraguay dapat mengakomodasi semua fasilitas untuk kantor berita Turki.

"Kami ingin Anadolu Agency segera beroperasi di Paraguay," kata Valdez.




TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA