Para pemimpin dunia akan berkumpul di Majelis Umum PBB bahas persoalan penting

Turki dijadwalkan akan berpidato di hadapan Majelis PBB pada Selasa

Para pemimpin dunia akan berkumpul di Majelis Umum PBB bahas persoalan penting

ANKARA

Para pemimpin dunia akan berkumpul di markas besar PBB di New York pekan depan, untuk mengikuti debat tingkat tinggi sebagai bagian dari sesi ke-74 Majelis Umum.

Tema tahun ini adalah “Menggalakkan upaya multilateral untuk pengentasan kemiskinan, pendidikan berkualitas, aksi iklim dan inklusi” yang telah diputuskan oleh Presiden Majelis Umum PBB (UNGA) baru Tijjani Muhammad-Bande, seorang diplomat sekaligus akademisi Nigeria.

Debat Umum akan dimulai 24 September, sehari setelah KTT Aksi Iklim dan pertemuan sehari soal kesehatan.

Para pemimpin atau perwakilan dari 193 negara anggota PBB, yang memiliki satu suara untuk memberikan resolusi isu-isu penting terkait populasi dunia, akan berpidato di majelis itu sepanjang 23-30 September.

Butuh suara mayoritas dengan jumlah dua pertiga anggota, terkait isu-isu penting seperti perdamaian, keamanan, penerimaan anggota baru dan anggaran PBB, sedang lainnya diputuskan dengan mayoritas sederhana.

Meski begitu, baru-baru ini UNGA berusaha mencapai konsensus alih-alih mengandalkan suara formal.

Presiden dapat memutuskan untuk mengadopsi mosi tanpa suara setelah berunding dengan delegasi yang tepat.

UNGA juga memiliki kekuatan untuk menyusun rekomendasi bagi negara-negara anggota terkait persoalan internasional dan dapat memulai aksi pada masalah politik, ekonomi, kemanusiaan, sosial dan hukum.

Para pemimpin Turki, bersama AS, Brasil dan Perancis dijadwalkan akan berpidato di hadapan Majelis PBB pada Selasa. Sedang Presiden Iran akan membuat pernyataan pada esoknya.

India, China dan Rusia akan berbicara di majelis pada Jumat, menurut kalender PBB.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA