Pakistan buka gebang Kartarpur untuk peziarah Sikh India

Mantan Perdana Menteri India Manmohan Singh berterima kasih kepada perdana menteri Pakistan karena membuat Kartarpur menjadi nyata

Pakistan buka gebang Kartarpur untuk peziarah Sikh India

KARACHI, Pakistan

Pakistan membuka perbatasan penting dengan India, pada Sabtu, untuk peziarah Sikh menjelang ulang tahun kelahiran 550 Baba Guru Nanak, pendiri Sikhisme.

Dengan dibukanya gerbang raksasa di Zero Point—perbatasan yang menghubungkan Distrik Narowal di timur laut Pakistan dengan Kota Gurdaspir India—para peziarah Sikh, laki-laki dan perempuan, yang dipimpin oleh mantan mantan Perdana Menteri India Manmohan Singh, memasuki perbatasan Pakistan itu.

“Ini momen bersejarah,” kata perdana menteri India dua periode itu kepada wartawan, dalam sebuah pidato singkat.

Manmohan berterima kasih kepada Perdana Menteri Imran karena, “Memahami keinginan India dan membuat Kartarpur menjadi nyata.”

Kepala Menteri Negara Bagian Punjab di India, Amrindar Singh, dan sejumlah pejabat, termasuk dalam rombongan itu.

Rekaman yang ditayangkan Televisi Pakistan milik pemerintah menunjukkan bahwa para peziarah berkunjung ke Gurdwara Sahib Kartarpur —lokasi kematian Baba Guru Nanak pada 1539.

Gurdwara Sahib Kartarpur berlokasi di Distrik Narowal—sekitar 115 km dari ibu kota provinsi, Lahore—adalah salah satu lokasi yang dihormati komunitas Sikh karena Baba Guru Nanak menghabiskan 18 tahun terakhir hidupnya di sana.

Jarak antara Kartarpur dan Kota Gurdaspur, India, hanya 3 km. Namun penutupan jalur penyeberangan itu berarti peziarah Sikh dari India harus berjalan ratusan km untuk melintasi perbatasan di Wagah, dekat Amritsar, dan kemudian berlanjut ke Lahore, untuk mencapai Kartarpur.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA