Oposisi Suriah siap lawan teroris bersama Turki

Koalisi oposisi menegaskan kembali komitmennya untuk memerangi terorisme dalam segala bentuknya

Oposisi Suriah siap lawan teroris bersama Turki

ANKARA

Koalisi Nasional untuk Pasukan Revolusioner Suriah dan Pasukan Oposisi pada Selasa mengatakan bahwa pihaknya siap untuk berperang melawan terorisme dengan Turki.

Aliansi itu menegaskan kembali komitmennya untuk memerangi segala bentuk terorisme dan bekerja sama dengan mitranya untuk mengalahkan organisasi teroris.

"Koalisi menyatakan siap untuk memerangi teror dalam kerja sama dan aksi bersama dengan saudara-saudara di Turki untuk melindungi kepentingan nasional rakyat Suriah dengan semua Arab, Kurdi, Turkmenistan, Asyur dan komponen lain," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu menggarisbawahi bahwa koalisi telah berkontribusi pada upaya untuk membangun zona aman di Suriah serta menciptakan kondisi aman untuk kembalinya para pengungsi.

"Koalisi berharap upaya ini bisa berhasil menemukan solusi yang akan memastikan kekalahan milisi PYD dan kelompok-kelompok teror lintas-perbatasan yang mengubah kawasan ini menjadi sarang kekacauan, kekerasan dan terorisme," tambahnya.

Koalisi Nasional Suriah tersebut didirikan pada 2012 dan diakui oleh 122 negara.

Sejak 2016, operasi Perisai Eufrat dan Ranting Zaitun Turki di barat laut Suriah telah membebaskan wilayah tersebut dari teroris YPG/PKK dan Daesh, memungkinkan warga yang melarikan diri dari kekerasan untuk kembali ke rumah.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa - bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA