Nelayan Korea Utara serang penjaga perbatasan Rusia

Tiga prajurit Rusia terluka dalam bentrokan dengan pemburu ikan dari Korea Utara

Nelayan Korea Utara serang penjaga perbatasan Rusia

MOSKOW

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) pada Selasa mengatakan tiga penjaga perbatasan Rusia terluka dalam konfrontasi dengan nelayan Korea Utara.

Pusat Hubungan Masyarakat FSB mengatakan dalam sebuah pernyataan di situs resminya bahwa insiden itu terjadi di Laut Jepang, wilayah perairan teritorial Rusia.

"Selama patroli reguler, sebuah kapal Penjaga Pantai Rusia mendeteksi dua kapal Korea Utara dan 11 perahu motor yang menangkap ikan secara ilegal," demikian pernyataan itu.

Menurut FSB, penjaga perbatasan berhasil menahan salah satu kapal dengan 21 awak, sementara awak lainnya melancarkan serangan.

"Awak kapal Korea Utara (yang terdiri lebih dari 45 orang) melancarkan serangan bersenjata terhadap anggota tim inspeksi kapal penjaga pantai. Tiga prajurit mendapat luka dengan berbagai tingkat keparahan," tambah pernyataan itu.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pihaknya telah memanggil kuasa usaha Korea Utara untuk secara pribadi mengajukan keluhan kepada Pyongyang.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA