Menlu Turki, Sekjen NATO bertemu di Ankara

Selama pertemuan tersebut, mereka membahas hubungan NATO-Uni Eropa dan pembelian sistem pertahanan udara S-400 oleh Turki

Menlu Turki, Sekjen NATO bertemu di Ankara

ANKARA 

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada Senin bertemu di Ankara untuk membahas hubungan NATO-Uni Eropa dan pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia oleh Turki.

Cavusoglu dan Stoltenberg bertemu di Istana Cankaya di Ankara di sela-sela pertemuan Dialog Mediterania ke-25 NATO.

"Kami mengevaluasi sejumlah masalah termasuk hubungan NATO-UE dan pembelian S-400. Selain itu, kami juga membahas persiapan pertemuan kepala negara dan pejabat pemerintah anggota NATO yang akan berlangsung di London," tambah Cavusoglu lewat cuitan.

Dalam forum itu, Stoltenberg menegaskan tekad NATO untuk meningkatkan keamanan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Dia mengatakan tindakan pencegahan terhadap teror lebih baik daripada intervensi.

Selama kunjungannya, Stoltenberg juga bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Saya senang bisa kembali ke Ankara untuk bertemu dengan [Presiden] Erdogan," ujar Sekjen NATO jelang pertemuannya dengan presiden Turki.

"Turki adalah sekutu dekat NATO dan NATO akan selalu mendukung Turki yang menghadapi tantangan keamanan serius," ujar Stoltenberg.

Dialog Mediterania NATO diprakarsai oleh Dewan Atlantik Utara pada 1994.

Saat ini, dialog tersebut melibatkan tujuh negara non-NATO di wilayah Mediterania: Aljazair, Mesir, Israel, Yordania, Mauritania, Maroko, dan Tunisia.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA