Menlu: jika AS tak mau jual rudal Patriot, Turki akan beli S-400 lagi

Menteri Luar Negeri Turki juga mengatakan jika Washington mundur dari kesepakatan F-35, dia bisa membeli jet tempur dari negara lain

Menlu: jika AS tak mau jual rudal Patriot, Turki akan beli S-400 lagi

ANKARA

Menteri Luar Negeri Turki menegaskan jika Amerika Serikat tetap menolak untuk menjual rudal Patriot, Turki bisa saja membeli lebih banyak rudal S-400 Rusia atau sistem pertahanan udara lainnya.

Berbicara kepada saluran berita NTV pada Rabu, Mevlut Cavusoglu membalas kritik AS terhadap pembelian S-400, mengatakan bahwa beberapa negara NATO juga memiliki rudal S-300 generasi sebelumnya, tetapi tidak dianggap bertentangan dengan keanggotaan NATO mereka.

"Jika AS menolak untuk menjual Patriot kepada kami, besok kami bisa membeli S-400 kedua, atau sistem pertahanan udara lain," ujar Cavusoglu.

Washington mengecam keras pembelian sistem pertahanan rudal S-400 dan menangguhkan pengiriman suku cadang dan layanan yang diperlukan untuk jet tempur F-35 ke Ankara.

Para pejabat AS menyarankan Turki membeli sistem rudal Patriot AS daripada S-400, dengan alasan bahwa armada Rusia itu tidak sesuai dengan sistem NATO dan akan meningkatkan risiko bocornya informasi rahasia soal jet itu.

Turki mengatakan bahwa penolakan AS untuk menjual Patriot kepadanya lah yang membuat negara itu mencari penjual lain dan Rusia menawarkannya kesepakatan yang lebih baik, termasuk transfer teknologi.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA